Minggu, 13 Februari 2011

Nunukan Gunakan PLTG

Pemerintah Kabupaten Nunukan saat ini tengah menunggu hasil penelitian PT Medco tentang potensi kandungan gas di perut bumi wilayah Kecamatan Sembakung.

Menurut kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Nunukan, Samuel Parangan, jika ternyata jenis kekayaan alam tersebut potensial, kedepannya, layanan pengadaan listrik di Nunukan dilakukan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG).

Terealisasinya PLTG tersebut, kata Samuel merupakan kesepakatan kerjasama yang dibangun antara PT Medco sebagai pemilik kuasa lahan dengan salah satu investor yakni PT Nunukan Power Indonesia (NPI) yang akan membangun infrastruktur PLTG.


"Pada prinsipnya, pemerintah daerah sudah menyetujui rencana pengadaan listrik di Nunukan dengan PLTG hasil kerjasama PT Medco dengan PT NPI tersebut," kata Samuel yang menyebutkan persetujuan pemerintah daerah tersebut diperoleh rencana joint kedua pihak perusahaan yang berlangsung di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tidak sekedar memenuhi kebutuhan listrik didaerah, masih seperti disampaikan Samuel, produksi listrik PLTG di Nunukan nantinya juga berpeluang untuk dijual kebeberapa kota terdekat Negara tetangga diperbatasan.

Jika pemenuhan kebutuhan kebutuhan listrik di Nunukan kedepan diperoleh melalui PLTG, lalu bagaimana dengan sejumlah unit mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel milik Pemerintah daerah yang dikelola oleh PLN ranting Nunukan yang ada saat ini.

Dikatakan Samuel, kemungkinan kebijakan yan akan diambil, megalihkan unit-unit mesin tersebut pada kecamatan-kecamatan diwilayah Kabupaten Nunukan yang belum tersedia mesin pembangkit listrik atau menjadikannya sebagai mesin pembangkit listrik cadangan di Nunukan. ade/jpnn

Sumber :
http://www.rakyatmerdeka.co.id/nusantara/2006/06/20/1331/Nunukan-Gunakan-PLTG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar