Minggu, 13 Februari 2011

Provinsi Kalimantan Utara Terbentuk Akhir 2010

Pada akkhir 2010 rencananya Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sudah dapat diwujudkan. "Proses terbentuknya Provinsi Kaltara saat ini sudah mencapai 98%," kata Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) HM Mukmin Faisyal, di Balikpapan, Rabu (7/4). Proses diwujudkannya Kaltara dimaksudkan agar fasilitas untuk masyarakat di perbatasan Kalimantan Timur (Kaltim) wilayah Utara dapat terpenuhi, karena daerah yang jauh dari jangkauan dan kurangnya fasilitas.

Mukmin mengharapkan dengan terbentuknya Provinsi Kaltara, agar proses pelayanan dan dibangunannya fasilitas infrastruktur untuk masyarakat di perbatasan.
Lihat Peta Lebih Besar


"Masyarakat kita di perbatasan mengalami masalah untuk memperoleh kebutuhan sembako untuk sehari-hari, maka akses yang dekat untuk memperoleh kebutuhan tersebut adalah ke Malaysia dan biayanya juga lebih murah," jelas Mukmin.

Mukmin mengatakan bahwa pemerintah dalam hal ini DPRD harus adil dalam melihat bahwa masyarakat di perbatasan juga harus disejahterahkan.

Selama ini, sarana infrastruktur terutama jalan antarkota dan kabupaten masih banyak yang belum bagus kondisinya dan lebih banyak masyarakat menempuhnya melalui dengan menggunakan transportasi laut.

Sementara transportasi udara juga jarang adanya penerbangan ke daerah Kaltim wilayah utara, meskipun ada biayanya mahal, maka bila infrastruktur terutama adanya jalan darat maka akan memudahkan melakukan pembangunan.

"Karena selama ini pembangunan di perbatasan hanya wacana saja, bahkan ada daerah di Kaltim wilayah Utara itu tidak pernah tersentuh dan tidak mengetahui gubernurnya," tambahnya.

Saat ini mulai merencanakan penyerahan data mengenai aset-aset potensi dari daerah kabupaten dan kota yang akan bergabung ada enam kabupaten dan kota itu, yakni Kabupaten Bulungan, Kota Tarakan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Berau dan Kabupaten Tanah Tidung (KTT).

Dari sisi persyaratan administratif formal sesuai UU 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, membentuk Kaltara tidak masalah karena sudah ada enam kabupaten dan kota.

"Mengenai dimana nantinya letak ibukota dari Provinsi Kaltara hal tersebut jangan dipermasalahkan dulu, namun dibentuknya Kaltara membantu akses dengan negara tetangga Malaysia dan hubungan antarnegara," ujar Mukmin. (Ant/OL-7/mediaindonesia.com/08/04/2010)

Sumber :
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/04/08/134537/127/101/Provinsi-Kalimantan-Utara-Terbentuk-Akhir-2010, dalam :

http://kaltimbkd.info/index.php/id/berita-dan-artikel/berita-prov/699-provinsi-kalimantan-utara-terbentuk-akhir-2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar